Spread the love

Tak hanya teknologi saja yang memiliki kemajuan yang pesat, pengobatan juga ikut berkembang, mulai dari pengobatan medis hingga ke pengobatan alternatif. Sekarang ini, banyak sekali penemuan-penemuan baru tentang pengobatan alternatif, seperti minyak kutus kutus, yang menggabungkan lebih dari satu bahan-bahan alami dan menciptakan obat yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Apa Minyak Kutus Itu?

Sebelumnya, pernahkah Anda mendengar tentang minyak kutus? Jika Anda tinggal di daerah Bali dan sekitarnya, pasti Anda sudah sering mendengar kabar tentang minyak obat yang satu ini, bukan?

Minyak obat ini pertama kali diciptakan oleh seorang warga Bali. Awalnya, beliau menciptakan minyak ini untuk membantu beliau menyembuhkan lumpuh yang dideritanya. Penggunaan bahan-bahan alami lainnya yang digabung menjadi satu itulah menciptakan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Nah, mulai dari situ, beliau mulai memperkenalkan produk kepada tetangga-tetangga dan bahkan sekarang bisa dibeli secara online.

Minyak ini sendiri merupakan gabungan dari beberapa bahan alami yang dicampur dan disaring minyaknya. Bahan-bahan dasar pembuatan minyak ini ialah minyak kelapa, gaharu, pule, temulawak, bunga lawang, purwaceng, daun ashitaba, dan daun neem.

Konon, bahan-bahan tersebut diambil dari unsur pohon kehidupan meliputi akar, batang, buah, bunga, beserta daunnya. Cara kerja dari minyak ini ialah dengan mengembalikan energi yang ada di dalam tubuh, sehingga tubuh bisa memperbaiki diri sendiri atau yang biasa disebut sebagai self-healing.

Cara Menggunakannya?

Seperti minyak obat pada umumnya, Anda bisa mengoleskan langsung minyak ini pada bagian yang sakit. Bagian tubuh yang paling dianjurkan untuk diolesi ialah bagian tulang punggung dari tulang di bagian tengkuk sampai tulang ekor, titik tubuh tertentu, atau bagian tubuh tertentu yang mengalami sakit.

Tak hanya sekedar dioleskan saja, minyak kutus kutus ini juga bisa digunakan dengan cara diminum. Eits, tenang saja, minyak ini mengandung berbagai bahan alami yang aman untuk dikonsumsi, kok! Jika Anda ragu dengan cara meminum minyak tersebut, Anda bisa mengoleskannya pada bagian tubuh yang sakit saja.

Sayangnya, satu hal yang perlu Anda tahu tentang produk ini ialah mereka belum memiliki izin resmi dari BPOM. Itulah mengapa, jika Anda ingin menggunakan minyak ini sebagai pengobatan harus sangat berhati-hati.

Meskipun bahan-bahan pembuatan minyak ini menggunakan bahan-bahan alami, bukan berarti bahwa Anda bisa seenaknya saja menggunakannya. Well, ada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap bahan-bahan alami tertentu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Anda bisa berkonsultasi apakah produk tersebut aman digunakan oleh Anda atau tidak. Apakah Anda memiliki alergi tertentu terhadap bahan-bahan alaminya atau tidak.

Jika Anda belum pernah berkonsultasi dan sudah pernah menggunakan minyak ini sebagai pengobatan alternatif, Anda harus memahami efek dari minyak tersebut. Jika memang memberikan efek yang baik terhadap kesehatan Anda, maka Anda bisa melanjutkannya.

Namun, jika ada sesuatu yang salah, seperti timbul bercak-bercak merah pada kulit, atau indikasi-indikasi alergi, sebaiknya hentikan penggunaan minyak tersebut dan hubungi dokter terdekat.

Seharusnya, penggunaan minyak alami yang dioleskan pada kulit tidak akan menimbulkan efek apa pun. Terkecuali, bagi mereka yang memiliki alergi, pasti akan ada bekas dari penggunaan minyak tersebut.

Oiya, selain masalah alergi, Anda juga harus berhati-hati karena sekarang sudah beredar barang yang serupa tapi tak sama. Untuk itu, Anda harus benar-benar menjadi pembeli yang cerdas sebelum membelinya. Pastikan bahwa produk yang Anda beli merupakan produk asli.

Manfaat Minyak Kutus

Dari berbagai macam bahan-bahan alami yang digunakan, minyak ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Tak diragukan lagi manfaat yang baik bagi tubuh dari temulawak, minyak kelapa, serta bahan-bahan alami lainnya yang memang sudah terbukti khasiatnya, begitu pula minyak obat ini.

Ada beragam manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan minyak kutus ini sebagai pengobatan alternatif, yaitu:

  • Meredakan sakit kepala. Aroma yang menenangkan pada minyak obat ini memang memiliki efek yang sangat besar untuk meringankan sakit kepala. Anda hanya perlu mengoleskannya pada bagian pelipis dan biarkan minyak ini bekerja dalam beberapa menit ke depan.
  • Sebagai antioksidan alami. Seperti yang kita tahu, daun neen, temulawak, bunga lawang, dan bahan-bahan lainnya mengandung kaya antioksidan. Maka tak heran, apabila minyak ini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, sebagai penangkal kanker, dan efek-efek lainnya yang disebabkan oleh polusi yang tinggi.
  • Obat pereda nyeri. Minyak ini memang mengandung obat analgestik yang berfungsi sebagai pereda nyeri. Ada beragam penyakit yang bisa diredakan seperti nyeri haid, nyeri otot, nyeri sendi, hingga asam urat.

Masih banyak manfaat dari minyak kutus kutus lainnya yang bisa Anda dapatkan, seperti menjaga kesehatan mulut, meningkatkan vitalitas, meningkatkan nafsu makan, dan lain-lain..