Spread the love

Salah satu dampak negatif dari kecanggihan teknologi sekarang ini yaitu meningkatnya penderita miopi atau rabun jauh. Jika perhatikan orang-orang sekitar, berapa banyak orang yang menggunakan kacamata sebagai alat bantu penglihatan mereka? Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, penggunaan kacamata minus semakin meningkat, terutama pada golongan remaja.

Terkadang, ada beberapa orang yang tidak percaya diri jika harus menggunakan kacamata minus. Padahal, menggunakan kacamata minus dapat membantu mereka untuk tetap melihat dunia sekitar dengan jelas. Jadi, mereka tidak merasa terganggu dengan penglihatan yang memudar.

Untuk itu, pilihlah kacamata yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada nih panduan untuk memilih kacamata yang tepat untuk Anda.

Bentuk Wajah

Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda. Perbedaan bentuk wajah mempengaruhi terhadap pemilihan frame yang tepat. Ada 5 bentuk wajah manusia yang ada didunia ini, yaitu:

  1. Wajah bulat

 

Ciri-ciri wajah bulat ialah wajah yang memiliki lebar dan tinggi yang hampir sama, pipi terlihat tembam, garis rahang dan dagu yang membentuk setengah lingkaran. Bentuk frame yang cocok untuk menggunakan frame yang berbentuk persegi panjang atau kotak.

 

Cobalah untuk menghindari frame kacamata yang berbentuk bulat karena akan membuat wajah Anda terlihat semakin bulat.

 

  1. Wajah kotak

 

Ciri-ciri wajah kotak ialah memiliki rahang lebar, lebar wajah di daerah mata sama dengan lebar wajah di area mulut. Frame yang cocok untuk wajah kotak ini ialah frame yang berbentuk bulat atau melengkung. Dengan begitu, wajah Anda akan terlihat lebih proporsional.

 

Untuk frame kacamata berbentuk kotak, hal ini akan membuat wajahmu terlihat kaku, tegas, dan berwibawa. Hindarilah untuk penggunaan frame kacamata berbentuk persegi panjang karena hanya akan membuat wajah Anda terlihat sipit.

 

  1. Wajah segitiga

 

Ciri-ciri wajah segitiga ialah memiliki garis rahang yang panjang, lebar wajah pada bagian kening hingga lebar pada bagian bawah mulut semakin melebar. Bentuk frame kacamata yang cocok untuk wajah segitiga ini ialah frame kacamata yang memiliki bentuk seperti mata kucing alias bentuk lensa yang bagian bawahnya lebih lebar.

 

  1. Wajah hati

 

Ciri-ciri wajah hati memiliki bentuk kebalikan dari wajah segitiga. Wajah pada bagian kening lebih lebar daripada wajah pada bagian mulut. Bentuk frame kacamata yang cocok untuk wajah hati ini ialah menggunakan frame kacamata yang berbentuk membundar dengan lebar kacamata yang sedikit lebih lebar daripada lebar kening.

 

  1. Wajah oval

 

Ciri-ciri wajah oval ialah wajah yang memiliki dagu dan rahang yang bulat, serta dahi yang lebar. Banyak yang menganggap bahwa wajah ini merupakan bentuk wajah yang paling ideal. Wajah berbentuk oval ini juga bisa menggunakan frame berbentuk apa saja karena cocok dengan bentuk mukanya.

Pemilihan Warna Frame

Setelah mengetahui bentuk frame yang cocok untuk wajah Anda, barulah Anda bisa memilih warna frame yang diinginkan. Untuk pemilihan warna frame, Anda bisa sesuaikan dengan warna kulit masing-masing.

Jika Anda tidak ingin menggunakan warna-warna yang terang untuk framenya nanti, Anda bisa memilih warna natural, seperti warna hitam ataupun cokelat tua. Kedua warna tersebut cocok digunakan oleh siapa pun.

Jika Anda sudah bosan dengan pemilihan warna frame cokelat atau hitam, Anda bisa coba untuk menggunakan warna frame yang Anda sukai. Bahkan, sekarang ini ada beberapa jenis frame yang mengombinasikan dua tone warna yang sama. Anda bisa pilih dan pilah warna framenya sesuai dengan warna yang disukai.

Memilih Ukuran Kacamata

Setiap kacamata memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ketika Anda sedang mengunjungi optik terdekat, pastikan saja bahwa Anda memilih ukuran kacamata untuk orang dewasa. Ada ukuran kacamata untuk anak kecil, remaja, dan dewasa.

Model atau jenis frame yang dipilih juga sangat mempengaruhi perbedaan ukurannya juga, loh! Untuk mengetahui apakah frame kacamata yang Anda pilih memiliki ukuran yang sesuai, Anda bisa coba mengenakannya. Ketika mencobanya, Anda akan tahu apakah ukuran kacamata tersebut pas atau tidak.

Jika Anda sudah merasa nyaman dengan frame kacamata yang dipilih, maka ukuran kacamatanya sudah pas. Jika Anda merasa kurang nyaman, cobalah untuk memilih frame kacamata lainnya yang enak dan nyaman digunakan oleh Anda.

Pilih Kacamata Sesuai Kebutuhan Sehari-Hari

Salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan ialah mengenai kegiatan sehari-hari yang biasa Anda lakukan. Tak semua kacamata dapat sesuai dengan kegiatan-kegiatan tertentu.

Contohnya, jika Anda adalah seseorang yang suka menghabiskan waktu untuk berolahraga, pilihlah kacamata khusus untuk berolahraga. Dengan begitu, Anda bisa melakukan kegiatan sehari-hari tanpa hambatan.

Itulah panduan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan frame kacamata yang cocok sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Jadi, Anda tidak akan merasa penampilan Anda terganggu karena penggunaan kacamata minus tersebut.